Arwana

Deskripsi Ikan Arwana

Ikan arwana atau biasa juga disebut arowana adalah jenis ikan air tawar yang sangat populer sebagai ikan peliharaan di akuarium. Di alam bebas, ikan arwana tinggal disungai yang airnya tidak terlalu deras. Mereka juga sering ditemui berada di air yang mengalir melalui rawa-rawa hutan dan lahan basah yang airnya bergerak lambat.

Ikan arwana yang masih kecil biasanya memakan serangga air yang bergerak lambat sedangkan arwana yang lebih besar sering memangsa ikan-ikan lain yang berukuran lebih kecil dari tubuhnya juga binatang yang hinggap didahan yang dekat dengan air.

Di Asia, ikan arwana banyak ditemui di wilayah Indonesia (Kalimantan dan Sumatra), Vietnam, Malaysia, Myanmar, Thailand dan Kamboja. Ikan arwana yang banyak ditemui di daerah Sumatra dan Kalimantan adalah ikan arwana yang berwarna hijau, silver dan merah.

Gambar Ikan arwana

Klasifikasi Ilmiah Ikan Arwana

Kerajaan:     Animalia
Filum:     Chordata
Kelas:     Actinopterygii
Ordo:     Osteoglossiformes
Famili:     Osteoglossidae

Ciri-Ciri Ikan Arwana

Ikan arwana memiliki tubuh dan kepala yang cukup padat. Tubuhnya berbentuk pipih dengan punggung yang datar sehingga bila dilihat dari samping mulai dari bagian mulut hingga punggung belakang terlihat lurus.

Bentuk mulutnya yang lebar dan mengarah keatas dihiasi dengan sepasang sungut dibagian bawahnya dan sebagai binatang predator, ikan arwana memiliki rahang yang cukup kokoh.

Ikan arwana memiliki beberapa warna yaitu hijau, silver, kuning keemasan, merah dan kuning mas dengan ekor merah

Makanan Ikan Arwana

Ikan arwana adalah binatang karnivora, ia seringkali memakan binatang yang terbang rendah diatasnya namun di alam liar seringkali terlihat bahwa ikan arwana juga memangsa binatang kecil seperti burung, kupu-kupu atau belalang yang hinggap didahan pohon yang dekat dengan air.

Ikan arwana yang berukuran besar sanggup melompat keluar permukaan air untuk menangkap mangsa hingga ketinggian 2 meter dari permukaan air.

Didalam air, ikan arwana juga pemburu yang handal ia sanggup bergerak secara perlahan mendekati ikan-ikan yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya dan setelah berada dalam jarak yang cukup dekat ia akan langsung menangkap ikan kecil tersebut dengan gerakan yang tiba-tiba dan sangat cepat.

Fakta Yang Perlua Anda Tahu Tentang Ikan Arwana

- Pada tahun 2006 UICN ( International Union for the Conservation of Nature; badan konservasi alam internasional)  menyatakan bahwa ikan arwana adalah binatang yang statusnya berada dalam ancaman kepunahan karena perburuan arwana dialam liar yang terus meningkat sehingga jumlah terus menurun secara drastis.

- Indonesia adalah negara pertama di Asia yang membudidayakan ikan arwana.

- Ikan arwana yang berhak memiliki sertifikat adalah ikan arwana yang telah dibudidayakan minimal pada generasi kedua.

- Ikan arwana yang berwarna merah dan gold memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari pada arwana dengan warna lainya.

- Ikan arwana dipercaya sebagai ikan pembawa keberuntungan karena dipercaya ia mampu membedakan antara musuh dan pemberi selamat bagi pemiliknya.

- Cara ikan arwana membedakan musuh dan pemberi selamat adalah apabila ada tamu yang berkunjung ia menjadi agresip maka orang itu adalah pembawa hal buruk bagi pemilik rumah sedangkan bila ikan arowana tersebut tetap tenang maka orang itu adalah pemberi selamat bagi pemilik rumah.

Gambar Kartun Ikan Arwana


Asian Arowana Cartoongambar kartun ikan arowana


gambar kartun ikan arwana di akuariumkartun ikan arwana

Wallpaper Ikan Arwana

arowana fish hd wallpapers

arowana wallpaper hd

gold arowana graphics images hd

wallpaper red dragon arowana