Lumba-Lumba

Deskripsi Lumba-Lumba
kartun lumba-lumba

Lumba-lumba adalah mamalia laut yang mempunyai hubungan sangat erat dengan ikan paus. Didunia ini terdapat sekitar 40 spesies lumba-lumba. Ikan lumba-lumba adalah keturunan dari mamalia darat, nenek moyang lumba-lumba modern seperti yang bisa kita lihat saat ini pertama kali memasuki air sekitar lima puluh juta tahun yang lalu.


Klasifikasi Ilmiah Lumba-Lumba

Kerajaan:    Animalia
Filum:    Chordata
Kelas:    Mammalia
Ordo:    Cetacea
Upaordo:    Odontoceti
Famili:    Delphinidae

Ciri-Ciri Lumba-Lumba

Lumba-lumba memiliki tubuh ramping  yang membuatnya mampu berenang dengan cepat. Sirip ekor, yang disebut fluke, digunakan sebagai penggerak, sementara sirip lainnya yang terletak dibagian samping tubuhnya digunakan bersama-sama dengan seluruh bagian ekornya sebagai alat kontrol. Sirip punggung yang terletak dibagian atas tubuhnya berfungsi sebagai stabilisator pada saat lumba-lumba berenang.

Warna dasar tubuh ikan lumba-lumba pada umumnya adalah abu-abu dan warna dibagian bawah tubuhnya lebih terang dari pada bagian atas dan sering terdapat garis dan petak-petak warna yang berbeda dan kontras. Tidak seperti kebanyakan mamalia, lumba-lumba tidak memiliki rambut.

Makanan Lumba-Lumba

Makanan utama lumba-lumba adalah ikan tetapi saat mereka berada diwilayah yang jarang terdapat ikan mereka biasanya berburu cumi-cumi dan gurita. Lumba-lumba menelan makanan mereka tanpa dikunyah terlebih dahulu, mereka menggunakan otot-otot yang terdapat dibagian belakang lidahnya dan juga tenggorokannya untuk memeras air laut yang ikut terbawa pada saat mereka menelan makanan-nya.

Apa Yang Membuat Lumba-Lumba Begitu Cerdas

Nah, otak mereka, tentu saja. Lumba-lumba memiliki otak yang besar untuk tubuh mereka. Lumba-lumba hidung botol adalah jenis ikan lumba-lumba yang memiliki rasio ukuran otak dengan bobot tubuh paling mendekati manusia.

Dari hasil penelitian para ilmuwan, terbukti bahwa lumba-lumba memiliki otak yang lebih cerdas dari pada primata, mereka juga menyimpulkan bahwa ikan lumba-lumba benar-benar memiliki bahasa untuk berkomunikasi yang sampai saat ini masih belum dapat dipahami sepenuhnya oleh manusia.

Fakta Tentang Lumba-Lumba Yang Perlua Anda Tahu

- Seperti sapi, lumba-lumba memiliki lebih dari satu perut. Lumba-lumba memiliki 2 buah perut, satu digunakan sebagai tempat menyimpan makanan yang masuk melalui mulutnya dan satu perut lagi digunakan untuk mencerna makanan yang berasal dari perut pertama.

- Metode yang umumnya digunanakan oleh kawanan lumba-lumba untuk berburu ikan adalah dengan cara menggiring sekelompok ikan secara bersama-sama sehingga membentuk sebuah lingkaran dengan ikan berada ditengah kelompok tersebut dan secara bergiliran mereka akan masuk kedalam pusat lingkaran untuk memangsa ikan-ikan tersebut.

- Ketika lumba-lumba tidur, mereka hanya menutup sebelah bagian otak mereka sehingga ia tetap cukup sadar untuk bernapas dan berjaga-jaga bila ada predator yang mendekat.

- Lumba-lumba suka bermain. Mereka sering bermain dengan rumput laut, atau menggoda kawan-kawannya yang lain, mereka bahkan sering menggoda mahluk laut lainnya.

- Tidak seperti binatang mamalia lain, bayi lumba-lumba lahir dengan ekor lebih dahulu.

- Lumba-lumba memiliki indra penciuman yang sangat sedikit.

- Seekor ibu lumba-lumba akan tinggal dengan anak-anak mereka dan mengasuhnya selama dua sampai tiga tahun.

- Beberapa jenis ikan lumba-lumba mampu menyelam hingga sedalam 1.000 kaki.

- Beberapa spesies lumba-lumba bisa berenang hingga 25 mil per jam untuk waktu yang lama, jauh lebih cepat dari perenang terbaik manusia.

- Di alam liar, usia rata-rata ikan lumba-lumba adalah 17 tahun namun mereka dapat hidup hingga 50 tahun.

- Beberapa jenis lumba-lumba bisa menahan nafas mereka didalam air selama 30 menit, sementara ikan yang lain harus bernapas setiap 20 detik.

- Lumba-lumba bisa sangat agresif dan bahkan brutal. Anggota dominan dari sebuah kelompok lumba-lumba seringkali terlihat mengganggu anggota kelompoknya yang lebih lemah.

- Berkat retina mata yang sangat sensitif dan efisien dalam mengumpulkan cahaya, lumba-lumba dapat melihat dengan jelas diatas ataupun dibawah air.

- Bila dibandingkan berdasarkan rasio ukuran tubuhnya, otak lumba-lumba ternyata lebih besar dari pada otak simpanse dan kera.

- Seekor lumba-lumba dewasa dapat mengkonsumsi lebih dari 16 kg ikan dalam satu hari.

- Lumba-lumba air tawar terbesar didunia yang pernah ditemukan tubuhnya mencapai panjang hingga 10 meter dan terdapat di sungai Amazon.

Gambar Kartun Lumba-Lumba

 
dolphin cartoon picture

dolphin cartoon pictures kids

dolphin cartoon wallpaper

gambar kartun lumba-lumba

Wallpaper Gambar Ikan Lumba-Lumba 


dolphin desktop wallpaper

dolphin wallpaper hd

gambar wallpaper ikan lumba-lumba

hd dolphin desktop backgrounds