Daftar Nama Binatang Amfibi

Binatang amfibi adalah binatang yang bisa hidup di dua alam yaitu di darat maupun di air, binatang amfibi pada umumnya juga merupakan hewan bertulang belakang (vertebrata) dan mereka memiliki 2 buah alat pernapasan yaitu insang untuk bernapas di air dan paru-paru untuk bernafas didaratan. Agar lebih jelasnya berikut ini saya akan memberikan ciri-ciri lengkap dari binatang yang digolongkan sebagai binatang amfibi.

Ciri-Ciri Binatang Amfibi

  1. Binatang amfibi adalah binatang vertebrata yang mengalami metamorfosis lengkap.
  2. Telur binatang amfibi biasanya diletakan didalam air atau lingkungan yang lembab yang tidak jauh dari perairan.
  3. Binatang amfibi umumnya memiliki kulit yang berpori, berbulu dan sangat halus (kecuali buaya).
  4. Binatang amfibi adalah binatang berdarah dingin yang mengatur suhu tubuhnya dari luar tubuh mereka.
  5. Memiliki sistem peredaran darah yang tertutup.
  6. Pada bagian kakinya terdapat selaput yang membuat mereka bisa berenang didalam air.
  7. Menggunakan sistem pernapasan yang terpisah antara paru-paru dan insang atau mengkombinasikan keduanya dengan baik.
Setelah mengetahui ciri-ciri dari binatang amfibi, dibawah ini anda bisa melihat daftar nama dan gambar binatang amfibi yang telah saya buat 


Daftar Nama Binatang Amfibi

gambar axolotl
gambar buaya
Axolotl Buaya
gambar caecilian
gambar katak
Caecilian Katak
gambar binatang amfibi salamander
Salamander

Axolotl merupakan binatang amfibi yang hanya bisa ditemukan di beberapa danau di wilayah Meksiko, karena itu axolotl juga dikenal sebagai salamander meksiko. Axolotl merupakan binatang yang sangat unik karena binatang ini mampu me-regenerasi bagian tubuhnya yang hilang atau putus.

Buaya merupakan satu-satunya binatang amfibi yang memiliki kulit keras dan memiliki bentuk fisik yang sangat menyerupai binatang purba. Selain dapat ditemukan di air tawar, beberapa jenis buaya juga diketahui dapat hidup di air payau.

Caecilian merupakan satu-satunya binatang amfibi yang tidak memiliki kaki, mereka hidup didalam tanah dan memiliki bentuk yang sangat mirip dengan cacing. Caecilian bisa ditemukan di wilayah Amerika Selatan, Amerika Tengah, Afrika dan Asia Selatan.

Katak dan Kodok adalah binatang amfibi yang paling banyak ditemui namun masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa katak dan kodok adalah sama namun walaupun memiliki ciri yang hampir sama katak dan kodok sebenarnya adalah 2 jenis binatang yang berbeda.

Cara yang paling mudah untuk membedakan antara katak dan kodok adalah dengan melihat pada kulit luarnya. Katak memiliki kulit yang halus dan lembut sedangkan kodok memiliki kulit yang kasar, selain itu katak juga memiliki tubuh yang ramping dan memanjang sedangkan kodok memiliki tubuh yang gemuk dan pendek.

Salamander adalah jenis binatang amfibi yang bentuk fisiknya sangat menyerupai kadal namun salamander biasanya mempunyai warna kulit yang bercorak sedangkan kadal biasanya hanya mempunyai satu warna saja. Didunia ini terdapat ratusan jenis salamander dan sebagian besar aktif mencari makan di malam hari dan bersembunyi dibalik be-batuan atau dedaunan di siang hari.

Demikianlah tulisan tentang berbagai jenis binatang amfibi beserta dengan penjelasan dan gambarnya dan jangan lupa untuk membaca artikel tentang golongan binatang lainnya seperti binatang karnivora, herbivora dan juga binatang omnivora.