Fakta Unik Dan Menarik Tentang Hiu

Sebagian besar orang mengenal ikan hiu sebagai binatang buas pemangsa yang bisa menyerang siapa saja di laut. Mendengar namanya saja banyak orang yang sudah merasa ngeri apalagi kalau bertemu dengan binatang tersebut di laut, ditambah lagi dengan banyaknya film-film bioskop yang bercerita seputar keganasan hiu yang menyerang manusia, padahal fakta-nya jumlah serangan hiu terhadap manusia sangatlah sedikit.

Didunia ini terdapat berbagai jenis hiu seperti hiu putih besar, hiu martil, hiu banteng dan hiu macan. Agar anda tidak salah dalam mengenal mereka, berikut ini saya akan menjabarkan informasi yang berisi berbagai fakta unik, keren dan menarik seputar hiu.

Fakta Unik Dan Menarik Tentang Hiu
  1. Hiu tidak memiliki tulang tunggal dalam tubuh mereka. Sebaliknya mereka memiliki kerangka yang terdiri dari tulang rawan seperti halnya jaringan yang fleksibel yang membentuk telinga dan hidung manusia.

  2. Beberapa jenis hiu terus bergerak selama hidup mereka. Hal ini dilakukan karena akan membuat air di atas insang mereka memberikan oksigen ke aliran darah. Jika hiu berhenti bergerak maka mereka akan menjadi lemas dan mati karena kekurangan oksigen didalam darah mereka.

  3. Ikan hiu memiliki pendengaran yang luar biasa. Mereka dapat mendengar suara ikan bergerak di dalam air dari jarak 500 meter.

  4. Jika hiu itu dimasukkan ke dalam sebuah kolam renang yang besar, mereka masih dapat mencium setetes darah di dalam air kolam tersebut.

  5. Meskipun sebagian besar spesies hiu memiliki panjang kurang dari satu meter, namun ada beberapa spesies seperti hiu paus, yang bisa mencapai panjang hingga 14 meter.

  6. Tidak semua jenis hiu berkembang biak dengan cara melahirkan. Ada beberapa spesies ikan hiu yang berkembang biak dengan cara bertelur, mereka meletakkan telur-nya di dasar laut, kemudian meninggalkannya dan telur itu bisa menetas tanpa perlu penjagaan dari induknya.

  7. Setiap anak hiu yang baru lahir telah langsung dapat mengurus dirinya sendiri. Sang induk akan meninggalkan anak hiu yang baru lahir tersebut untuk mengurus dirinya sendiri dan sang anak sendiri biasanya akan segera pergi meninggalkan induknya setelah lahir agar bila sang induk sedang lapar tidak memangsa dirinya.

  8. Hiu putih besar (great white shark) adalah jenis ikan hiu yang paling mematikan di lautan, hiu jenis ini dapat berenang dengan kecepatan hingga 30 km per jam.

  9. Tidak seperti spesies hiu yang lain, great white shark adalah hiu berdarah panas karena itu mereka perlu banyak makan daging agar dapat mengatur suhu tubuh mereka dengan baik.

  10. Hiu selalu memiliki deretan gigi yang lebih kecil yang berkembang di belakang gigi depan mereka. Ketika gigi yang lebih kecil ini bergerak maju dan membesar, maka gigi dibagian depan akan rontok secara otomatis.
Demikianlah 10 info unik dan menarik seputar ikan hiu yang bisa saya berikan, semoga informasi tentang raja lautan ini bisa menambah pengetahuan anda!.