Fakta Unik Ikan Paus Ikan Terbesar Di Dunia

Setelah sebelumnya saya memberikan fakta-fakta menarik tentang ikan hiu dan ikan lumba-lumba, kali ini saya akan berbagi fakta unik dan menarik tentang ikan paus yang merupakan ikan terbesar di dunia.

Ada banyak spesies ikan paus seperti paus biru, paus bungkuk dan paus pembunuh, ikan yang terkenal karena ukuran mereka yang luar biasa besar ini memiliki pola migrasi yang panjang.

Silahkan terus baca tulisan ini untuk mendapatkan informasi akurat dan terpercaya mengenai ikan paus yang menakjubkan ini seperti konservasi ikan paus dan habitat mereka di lautan.

Fakta Unik Ikan Paus Ikan Terbesar Di Dunia
  1. Walaupun memiliki tubuh yang sangat besar namun kebanyakan ikan paus tidak memiliki gigi alias ompong. Mereka menggunakan piring sisir seperti serat yang disebut baleen untuk menyaring krustasea kecil dan makhluk lain dari air yang bisa mereka makan.

  2. Diperkirakan terdapat antara 79 hingga 84 jenis spesies ikan paus dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda disetiap jenisnya.

  3. Anak ikan paus biasa dikenal dengan nama calf.

  4. Paus adalah jenis ikan yang hidup secara berkelompok. Didalam kelompok ini mereka bersama-sama menjaga anak-anak ikan paus dari para predator dan mereka juga berburu makanan secara berkelompok. Kelompok-kelompok ini sering terdiri dari semua paus betina atau semua paus jantan.

  5. Paus yang ditemukan di bumi bagian utara dan bumi bagian selatan tidak pernah bertemu atau berkembang biak bersama-sama. Migrasi mereka diberi batas waktu secara alami sehingga mereka tidak pernah berada di daerah yang sama pada saat yang sama.

  6. Bibir bawah yang melengkung yang terdapat pada ikan paus sering dapat membuatnya terlihat seperti sedang tersenyum, namun hal ini tidak nyata. Bibir yang terlihat seperti sedang tersenyum itu sebenarnya adalah lemak yang terdapat di kepala paus untuk mencegah otot-otot wajah mereka mencapai permukaan air.

  7. Para ilmuwan mengetahui usia seekor ikan paus dengan melihat pada konektor lilin ditelinganya. Konektor yang terdapat di telinganya ini memiliki pola lapisan yang ketika dipotong memanjang dapat digunakan untuk memperkirakan usia ikan paus.

  8. Paus adalah ikan yang suka menyanyi. Mereka menggunakan ini sebagai panggilan untuk pasangan, cara untuk berkomunikasi dan juga hanya untuk bersenang-senang. Setelah periode waktu tertentu mereka akan bosan dengan lagu ikan paus yang sama dan mulai menyanyikan lagu yang berbeda.

  9. Kadang-kadang paus membuat kesalahan navigasi selama migrasi. Meskipun telah terjadi selama berhari-hari namun mereka sering tidak menyadarinya dan mereka baru menyadarinya sampai mereka terdampar. Karena itulah kadang-kadang kita menjumpai ikan paus yang terdampar dipantai pada musim migrasi mereka.

  10. Paus mendukung berbagai jenis kehidupan. Beberapa makhluk, seperti teritip dan kutu laut, menempel pada kulit ikan paus dan tinggal di sana sepanjang hidup paus tersebut.
Nah, bagaimana setelah membaca fakta-fakta unik tentang paus yang merupakan ikan terbesar di dunia ini, cukup menarik bukan?. Terus kunjungi blog tentang binatang ini agar anda bisa mengetahui berbagai info unik dan menarik tentang berbagai jenis binatang yang ada didunia.