Fakta Unik Nyamuk Yang Wajib Anda Tahu

Dalam tulisan berjudul fakta unik nyamuk yang wajib anda tahu ini kita akan mencari tahu kenapa nyamuk menghisap darah manusia, bagaimana cara nyamuk menggigit, bagaimana mereka bisa menyebarkan penyakit pada manusia dan hewan dan beberapa fakta unik nyamuk lainnya.

Nyamuk adalah salah satu serangga yang dekat dengan kehidupan manusia, namun bukan seperti anjing dan kucing yang dekat karena mereka banyak berguna dan disayangi, kedekatan nyamuk dengan manusia adalah karena manusia menjadi salah satu sumber protein bagi nyamuk.

Fakta Unik Nyamuk Yang Wajib Anda Tahu

Agar lebih jelasnya, simak informasi berikut ini!.

Fakta Unik Nyamuk

  1. Nyamuk merupakan serangga yang tergolong dalam ordo diptera yang artinya nyamuk adalah serangga yang memiliki 2 buah sayap seperti juga lalat.

  2. Nyamuk merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu mosquito. Kata mosquito sendiri berasal dari bahasa Spanyol dan Portugis yang berarti "terbang kecil".

  3. Diseluruh dunia terdapat nyamuk kecuali di antartika dengan jumlah sekitar 35 genus dan 3.500 spesies.

  4. Sebagian besar spesies nyamuk dianggap sebagai pengganggu dan hama karena mereka menghisap darah manusia dan hewan.

  5. Nyamuk adalah binatang kecil pembunuh terbesar manusia. Nyamuk menyebabkan paling banyak kematian bagi manusia dibandingkan dengan binatang lain.

  6. Nyamuk adalah pembawa penyakit seperti malaria, demam berdarah dan demam kuning yang dapat ditularkan pada manusia dan hewan ketika nyamuk menghisap darah.

  7. Makanan nyamuk adalah nektar atau sari bunga dan bukan darah.

  8. Hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah. Mereka menghisap darah bukan sebagai makanan tetapi untuk mengambil protein yang terdapat dalam darah agar mereka bisa memberikan nutrisi yang cukup bagi telur-telur nyamuk yang sedang mereka kandung.

  9. Ketika nyamuk betina menghisap darah, perut mereka akan mengembang dan dapat menyimpan darah hingga 3 kali berat badan mereka.

  10. Nyamuk betina berumur antara 2-4 minggu sedangkan nyamuk jantan hanya berusia paling lama 1 minggu.

  11. Nyamuk betina lebih cenderung untuk bertelur di air yang menggenang dari pada air yang ber-arus meskipun genangan air tersebut sangat dangkal.

  12. Nyamuk betina lebih suka memangsa orang yang memiliki golongan darah O di bandingkan dengan golongan darah lainnya. Nyamuk juga cenderung untuk memangsa orang yang memiliki panas tubuh tinggi, wanita hamil dan orang yang bernapas berat.

  13. Nyamuk seringkali berterbangan disekitar kepala kita karena pada bagian sekitar kepala, kita menghembuskan keluar CO2.

  14. Nyamuk bisa merasakan keberadaan CO2 (karbon dioksida) dari jarak 150 meter.

  15. Nyamuk mengepak-kan sayap mereka sebanyak 450-600 kali setiap detiknya.

  16. Seekor nyamuk bisa terbang terus menerus selama 4 jam penuh dengan kecepatan terbang rata-rata antara 1-2 km/jam.

  17. capung dan ikan adalah pemangsa alami nyamuk bahkan mulai dari saat mereka menjadi jentik hingga nyamuk menjadi dewasa.

  18. Jentik capung secara alami akan memangsa jentik nyamuk bila mereka berada dalam sebuah tempat yang sama, karena itulah pada sebuah daerah yang banyak terdapat capung, jumlah nyamuk jauh lebih sedikit dibandingkan daerah yang jarang terdapat capung.

  19. Penyebab gatal dan bentol setelah di gigit nyamuk adalah karena pada saat nyamuk menghisap darah, mereka akan mengeluarkan air liur yang mengandung zat antikoagulan yang berfungsi mencegah darah yang mereka hisap membeku, reaksi dari zat antikoagulan inilah yang menyebabkan bentol dan rasa gatal pada kulit.

  20. Tanaman yang dapat menangkal kedatangan nyamuk karena bau bunga atau daun-nya antara lain adalah : Marigold, Ageratum dan geranium sedangkan tanaman penangkal nyamuk dengan cara mengoleskan sari dari tanaman tersebut adalah : Rosemary, Minyak Sereh, Catnip, Kemangi dan Tansy.
Itulah 20 fakta unik dan menarik tentang nyamuk yang wajib anda tahu, semoga info binatang yang saya sampaikan ini berguna bagi anda.