Kodok Pohon Ungaran [Philautus jacobsoni]

Kodok pohon ungaran (Philautus jacobsoni) adalah salah satu jenis kodok yang merupakan binatang endemik dari pulau Jawa khususnya wilayah sekitar gunung ungaran, Semarang.

Kodok pohon ungaran pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti asal Belanda bernama Van Kampen pada tahun 1912 yang kemudian menyimpan spesimen dari kodok pohon ungaran tersebut di musium Leiden, Belanda. Namun sayang, satu-satunya spesimen dari kodok pohon ungaran tersebut saat ini kondisi kurang baik.

IUCN mengkategorikan kodok pohon ungaran (Philautus jacobsoni) dalam status "terancam punah" bahkan "mungkin telah punah" karena pada bulan Agustus tahun 2010, sewaktu IUCN mendanai sebuah ekspedisi yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dan tim herpetology dari IPB dan UNS untuk mencari kodok pohon ungaran selama 2 minggu disekitar gunung Ungaran.

gambar kodok pohon ungaran dari jenis Philautus aurifasciatus yang mirip dengan Philautus Jacobsoni

Mereka tidak berhasil menemukan kodok pohon ungaran (Philautus jacobsoni) dan hanya berhasil menemukan kodok pohon ungaran yang mirip dengan Philautus jacobsoni yaitu dari jenis Philautus aurifasciatus yang gambarnya bisa anda lihat dihalaman ini.

Namun dari ekspedisi tersebut berhasil ditemukan dan di identifikasi lebih dari 60 jenis katak Asia dari genus Philautus serta 17 jenis bintang amfibi dan beberapa jenis reptil yang masih hidup dan berada di sekitar gunung Ungaran.

Klasifikasi Ilmiah Kodok Pohon Ungaran

Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Amphibia
Ordo Anura
Famili Rhacophoridae
Genus Philautus
Spesies P. jacobsoni
Nama Ilmiah Philautus jacobsoni
Status Konservasi Terancam Punah