Aardvark (Orycteropus afer)

Aardvark adalah binatang pemakan rayap dan semut yang tinggal di Afrika, Aardvark memiliki pendengaran yang sangat tajam sehingga ia bisa mendengar gerakan serangga yang berada di bawah tanah sekalipun.

Aardvark disebut juga babi tanah. Nama babi tanah diberikan oleh orang belanda yang tinggal di Afrika. Aardvark atau babi tanah mempunyai ukuran tubuh yang sama besar dengan babi hutan, tetapi telinga aardvark lebih besar dari pada babi hutan dan moncongnya lebih panjang.

Aardvark mencari makan dengan cara membongkar sarang rayap yang di kawasan Afrika biasanya rayap membuat sarang hingga ke atas permukaan tanah. Setelah berhasil membuka sarang rayap tersebut, aardvark akan langsung menjilati rayap tersebut dengan lidahnya yang panjang dan lengket.

gambar aardvark

Aardvark dewasa memiliki lidah yang panjangnya rata-rata mencapai 30 cm. Lidahnya yang panjang dan lengket sangat sempurna untuk menyusupi gundukan sarang rayap yang bergua-gua.

Aardvark memiliki kuku yang sangat kuat dan tajam, saat merasakan adanya bahaya dari binatang pemangsa seperti singa atau harimau, ia biasanya akan masuk kedalam lubang sarangnya atau bila dia jauh dari sarang ia akan segera menggali sebuah lubang dan bersembunyi di dalam lubang tersebut.

Klasifikasi Ilmiah Aardvark

Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Tubulidentata
Famili Orycteropodidae
Genus Orycteropus
Spesies O. afer
Nama Ilmiah Orycteropus afer
Status Konservasi Berisiko Rendah