Mengenal Berbagai Jenis Ayam Ras Indonesia

Ayam adalah salah satu jenis unggas yang paling banyak dipelihara, saat ini terdapat lebih dari 20 milyar ayam diseluruh dunia.

Ayam peliharaan yang saat ini bisa kita jumpai dimanapun dengan mudah merupakan hasil domestikasi dari ayam hutan.

Domestikasi ayam pertama kali dilakukan oleh manusia terhadap ayam hutan yang berasal dari India dengan tujuan untuk dijadikan ayam aduan yang kemudian tersebar mulai dari Asia, Afrika hingga Eropa.

gambar ayam ras jantan dan betina

Definisi Domestikasi
Domestikasi adalah suatu budi daya yang menyebabkan perubahan genetik pada tumbuhan ataupun hewan yang dilakukan oleh manusia. Proses domestikasi ini membutuhkan waktu yang bertahun-tahun karena melibatkan sebuah seleksi dan pemuliaan (perbaikan keturunan) yang menghasilkan sebuah varietas atau spesies baru.

Ciri-Ciri Ayam Jantan
Ayam jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari ayam betina, ayam jantan juga lebih atraktif, berjengger besar, memiliki jalu panjang dan bulu ekornya panjang menjuntai.

Ciri-Ciri Ayam Betina
Ayam betina yang juga dikenal dengan nama ayam babon memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dari ayam jantan, berjengger kecil, jalu pendek bahkan kadang hampir tidak terlihat dan bulu pada ekornya pendek.

Ayam betina yang mempunyai gangguan pada fungsi fisiologi tubuhnya dapat berubah kelamin menjadi ayam jantan karena ayam betina walaupun telah dewasa tetap memiliki ovotestis yang dorman yang sewaktu-waktu dapat aktif dan menjadikannya sebagai ayam jantan.

Proses kawin silang antar ras ayam yang dilakukan manusia menghasilkan berbagai jenis ayam dengan berbagai fungsi dan tujuan.

Berdasarkan fungsinya, ayam digolongkan menjadi :

  1. Ayam Pedaging
    Ayam pedaging yang biasa juga dikenal dengan nama ayam broiler adalah ayam yang dikembangbiakan untuk diambil dagingnya sebagai pangan manusia.
  2. Ayam Petelur
    Ayam petelur adalah ayam yang dikembangbiakan khusus untuk memproduksi telur setiap hari.
  3. Ayam Hias
    Ayam hias adalah ayam yang dipelihara dan dikembangbiakan karena kecantikan dan keanggunan penampilan atau suaranya.
  4. Ayam Sabung
    Ayam sabung adalah jenis ayam yang dikembangbiakan karena memiliki kekuatan, kecepatan dan daya tahan tubuh yang tinggi sehingga bisa diadu dengan ayam lainnya.

Indonesia yang memiliki hutan yang sangat luas juga memiliki banyak ras ayam lokal yang berasal dari domestikasi ayam hutan yang ada Indonesia dan kebanyakan didomestikasi dengan tujuan untuk dijadikan ayam hias, diantaranya adalah :

Daftar Ayam Ras Asli Indonesia


🐓 Ayam Pelung

Ayam pelung adalah ayam ras lokal yang berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Ciri khas ayam pelung adalah kokokan-nya yang panjang dan bernada unik.

🐓 Ayam Ketawa

Ayam ketawa adalah ayam ras lokal yang berasal dari Sulawesi. Ayam ketawa mempunyai ciri khas suara kokok-nya yang terputus putus seperti suara orang tertawa.

🐓 Ayam Nunukan

Ayam nunukan adalah ayam ras lokal unggulan yang berasal dari Nunukan, Kalimantan Timur. Ciri khas ayam nunukan adalah memiliki badan yang besar dan tegap, karena itu ayam nunukan biasanya dijadikan sebagai ayam aduan.

🐓 Ayam Kedu

Ayam kedu adalah ayam ras lokal yang berasal dari daerah Kedu, Jawa Tengah. Terdapat 4 jenis ayam kedu yaitu :
A. Ayam Kedu Cemani
Ayam kedu cemani memiliki seluruh bagian tubuh berwarna hitam, mulai dari bulu, jengger, daging hingga tulang berwarna hitam.

B. Ayam Kedu Hitam
Ayam kedu hitam memiliki bulu berwarna hitam juga bagian-bagian tubuhnya lainnya kecuali pada jengger dan kloaka (anus) berwarna kemerahan.

C. Ayam Kedu Putih
Ayam kedu putih memiliki bulu diseluruh tubuhnya berwarna putih.

D. Ayam Kedu Merah
Ayam kedu merah memiliki ciri khas bulu berwarna hitam dan jenggernya berwarna merah.

🐓 Ayam Walik

Ayam walik memiliki ciri khas bulu yang tegak berdiri dan tidak menutupi seluruh tubuh seperti ayam umumnya.

🐓 Ayam Katai

Ayam katai adalah ayam yang memiliki bentuk tubuh jauh lebih kecil daripada ayam kampung pada umumnya.

🐓 Ayam Bali

Ayam Bali adalah ayam ras lokal yang berasal dari pulau Bali. Ciri khas ayam Bali adalah bagian lehernya tidak memiliki bulu dan terdapat jambul dibagian kepalanya.

Demikianlah berbagai informasi mengenai berbagai jenis ayam ras yang berasal dari Indonesia yang bisa kami sampaikan, semoga informasi tentang binatang ini bisa bermanfaat bagi anda.