Fakta-Fakta Menarik Tentang Hiu Zebra

Hiu zebra adalah jenis ikan hiu yang gemar berdiam didasar laut dan tidak agresif sehingga para penyelam bisa mendekatinya dengan mudah.

Walaupun terkesan lamban, tetapi hiu zebra adalah jenis hiu yang lincah dan dengan sirip ekornya yang panjang, hiu zebra mampu bergerak dengan sangat cepat.

Hiu zebra adalah binatang nokturnal yang aktif mencari mangsa dimalam hari. Tubuhnya yang berukuran kecil memungkinkan mereka untuk menyusup ke sela-sela karang untuk memburu ikan-ikan kecil yang bersembunyi di lubang-lubang karang.

gambar hiu zebra

Apakah Nama Latin Untuk Hiu Zebra?

Nama Latin untuk hiu zebra adalah Stegostoma fasciatum

Dimanakah Tempat Yang Terdapat Hiu Zebra?

Hiu zebra adalah spesies dari hiu karpet yang bisa ditemukan di seluruh perairan dikawasan laut tropis Indo-Pasifik seperti laut Afrika, laut Merah, Teluk Persia, perairan madagaskar, perairan Asia Tenggara, dan juga perairan Australia utara.

Dimanakah Habitat Hiu Zebra?

Hiu zebra merupakan jenis hiu yang senang berada dilautan yang berpasir dan memiliki terumbu karang dengan kedalaman hingga 62 meter.

Apakah Makanan Hiu Zebra?

Makanan utama hiu zebra adalah ikan-ikan kecil, selain itu mereka juga aktif memburu ular laut dan binatang moluska seperti cumi-cumi, siput, kerang dan kepiting.

Apakah Nama Lain Dari Hiu Zebra?

Nama lain dari hiu zebra adalah zebra shark, leopard shark, cucut kembang dan cucut tokek.

Fakta-Fakta Menarik Tentang Hiu Zebra

  1. Hiu zebra, dinamakan demikian karena pada saat masih berusia muda mereka memiliki warna belang-belang seperti zebra, tetapi saat dewasa garis-garis belang tersebut berubah menjadi bintik-bintik seperti tokek.
  2. Para penyelam sering mengira kalau hiu zebra adalah ikan laut yang lambat karena mereka mudah didekati dan senang berdiam diri diatas hamparan pasir. Hal ini adalah salah karena hiu zebra adalah binatang nokturnal yang akan aktif bergerak saat malam hari dan pada siang hari mereka lebih banyak berdiam diri.
  3. Hiu zebra adalah jenis hiu yang sangat lincah dan mampu berenang dengan cepat karena mereka memiliki bentuk tubuh seperti silinder dan sirip ekornya sangat panjang, hampir mencapai setengah dari panjang tubuh mereka.
  4. Terdapat beberapa jenis hiu zebra yang bisa dibedakan berdasarkan warnanya yaitu hitam, coklat dan abu-abu.
  5. Warna tubuh mereka yang cenderung gelap memungkinkan mereka untuk bersembunyi dari mangsa dan predator mereka.
  6. Predator paling berbahaya bagi hiu zebra adalah manusia. Selain diambil dagingnya, manusia memburu hiu zebra untuk siripnya dan juga minyak dari hatinya untuk dijadikan vitamin.
  7. Tidak seperti hiu lain dilautan, hiu zebra hanya akan menggigit jika mereka kesal atau marah. Jika tidak mereka bahkan bisa disentuh dan diberi makan oleh manusia.
  8. Hal yang bisa membuat hiu zebra menjadi kesal dan marah adalah apabila ekornya ditarik atau tubuhnya ditunggangi.
  9. Dibanyak tempat wisata bawah laut, banyak hiu zebra yang telah terbiasa dengan kehadiran manusia sehingga mereka mau membiarkan dirinya disentuh dan mau menerima makanan dari tangan para penyelam.
  10. Mulut dan gigi hiu zebra dirancang untuk menghancurkan cangkang dan tempurung keras dari para mangsanya dan bukan untuk merobek seperti ikan hiu pada umumnya.

Saat ini, status konservasi untuk hiu zebra adalah "rentan". Hal ini terjadi karena penurunan populasinya yang cukup drastis karena semakin banyak terumbu karang yang rusak akibat pembangunan dan penangkapan ikan dengan cara pengeboman dan peracunan.