Fakta-Fakta Unik Mengenai Zebra

Zebra adalah binatang yang berkerabat dekat dengan kuda. Ia adalah binatang pemakan rumput yang hidup dipadang rumput Afrika, sebelah selatan gurun Sahara.

Zebra mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dari kuda. Rata-rata tinggi zebra dewasa adalah 1,3 M dan panjangnya adalah 2,2 M.

Tubuhnya yang loreng-loreng, membuatnya sulit ditemukan oleh musuh. Kalau masih terlihat juga, zebra bisa berlari lebih cepat dari kebanyakan binatang pemangsa seperti, harimau atau singa.

Loreng pada tubuhnya berfungsi sebagai identitasnya (seperti sidik jari pada manusia).

gambar zebra di padang rumput

Setiap zebra mempunyai pola loreng yang berbeda. Zebra dari jenis Grevy mempunyai pola loreng yang paling indah dibandingkan dengan zebra jenis lainnya.

Klasifikasi Ilmiah Zebra

Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Perissodactyla
Famili Equidae
Genus Equus

Fakta Unik Menarik Tentang Zebra

  • Zebra hidup dalam kelompok keluarga yang terdiri dari seekor jantan, beberapa betina dan anak zebra. 
  • Ketika ada singa, zebra betina mengungsikan anak-anak, sementara zebra jantan menendang dengan kaki belakangnya yang kuat.
  • Jika tersedia banyak rumput dan air, beberapa keluarga zebra akan berkumpul membentuk kelompok besar.
  • Jika makanan dan air hanya sedikit, kelompok besar zebra akan bermigrasi untuk mencari padang rumput dan mata air baru.
  • Setelah berumur 2 tahun, zebra betina biasanya akan meninggalkan keluarganya dan mencari keluarga baru untuk bergabung.
  • Sedangkan zebra jantan biasanya akan meninggalkan keluarganya setelah berumur 4 tahun dan membentuk keluarga sendiri.

Itulah fakta-fakta yang unik tentang zebra yang bisa kami sampaikan, semoga sedikit info binatang ini bisa berguna bagi anda.