Black Ghost Ikan Hias Air Tawar Pemalu Penghasil Listrik

Black Ghost Knifefish yang mempunyai nama latin Apteronotus albifron adalah ikan hias air tawar pemalu yang berasal dari Amerika Selatan dan bisa ditemukan mulai dari Venezuela hingga Paraguay, termasuk kawasan lembah sungai Amazon.

Ikan black ghost adalah salah satu ikan hias air tawar yang cukup populer karena warnanya yang unik yaitu seluruh tubuhnya berwarna hitam kecuali dua cincin berwarna putih dibagian ekornya dan juga bintik putih dibagian hidungnya yang terkadang bisa meluas hingga ke garis punggungnya.

gambar ikan black ghost

Black Ghost si ikan hantu hitam adalah binatang nokturnal yang lebih aktif makan pada malam hari, karena itu jangan kaget bila anda memberi makan ikan black ghost disiang hari si ikan tetap cuek.

Ikan Black Ghost Terbesar

Black Ghost merupakan jenis ikan berukuran medium yang ukuran terbesarnya adalah sekitar 50 cm.

Selain karena warnanya, ikan black ghost juga banyak digemari karena gerakannya yang gemulai. Ikan hias air tawar ini seringkali bergerak maju mundur dan jungkir balik dengan gemulai seperti penari balet, apalagi ikan tanpa sisik ini juga memiliki gelambir yang cukup panjang dibagian atas dan bawah tubuhnya, membuat setiap gerakan terlihat semakin gemulai dan menggemaskan.

Walaupun dikenal sebagai ikan pemalu yang sering bersembunyi diantara tanaman bawah air dan juga pasir atau kerikil kecil didasar akuarium, tetapi ikan black ghost adalah jenis ikan karnivora.

Di habitas asalnya, mereka sering memakan ikan-ikan kecil dan juga jentik-jentik nyamuk tetapi ikan black ghost yang berasal dari hasil budidaya biasanya sudah familiar dengan pelet dan juga cacing beku.

Bila ditempatkan didalam akuarium dengan ikan yang berukuran lebih besar, biasanya ikan black ghost tidak akan agresif, tetapi bila ditempatkan bersama dengan ikan lain yang berukuran lebih kecil, terkadang mereka menjadi galak.

Bila anda ingin menjadikan ikan black ghost ini sebagai salah satu koleksi anda di akuarium, yang perlu diperhatikan adalah bahwa ikan ini dihabitat aslinya merupakan ikan yang hidup di air deras berpasir, karena itu ikan ini membutuhkan pasokan oksigen dalam jumlah besar.

Maka dari itu, aerator dan dasar berpasir adalah sebuah keharusan bagi akuarium anda agar ikan black ghost merasa nyaman dan bisa tetap sehat. Bila berada dalam tempat yang nyaman, ikan black ghost biasanya bisa menjadi sangat jinak bahkan dia tidak keberatan bila anda memegang tubuhnya.

Ikan black ghost yang mempunyai bentuk tubuh mirip pisau ini merupakan ikan yang mampu menghasilkan dan merasakan getaran listrik, namun listrik yang dihasilkan ikan black ghost tidak sebesar belut listrik sehingga tidak berbahaya saat kita memegangnya.

Gelombang listrik ber-arus lemah yang dihasilkan oleh tubuh ikan black ghost digunakan sebagai alat untuk mendeteksi lingkungan dimana ia berada sehingga ia bisa mengenali kondisi lingkungannya dan mendeteksi dimana keberadaan mangsanya saat ia mencari makan dimalam hari yang gelap.

Harga Ikan Black Ghost

Walaupun memiliki banyak keunikan dan disukai banyak penggemar ikan, tetapi tidak lantas menjadikan harga ikan black ghost melambung, harga ikan black ghost cukup ramah dikantong.

Berikut ini adalah harga rata-rata per-ekor dari penjual ikan black ghost yang ada di Jakarta :

-  Anakan Rp. 1.000,-
-  2 - 3 cm Rp. 2.000,-
-  5 - 7 cm Rp. 5.000,-
- 15 - 20 cm Rp. 25.000,-
-  21 - 30 cm Rp. 50.000,-

Jenis Ikan Knifefish Lainnya

Selain black ghost knifefish, terdapat 26 jenis ikan lainnya yang berasal dari genus yang sama dengan black ghost yaitu genus Apteronotus.

Kerabat ikan black ghost lainnya dari genus Apteronotus ini semuanya memiliki bentuk tubuh yang sangat mirip dan juga semuanya memiliki kemampuan untuk menghasilkan gelombang listrik arus lemah, perbedaan utamanya adalah dari warna tubuhnya.

Dari 26 jenis ikan kerabat ikan black ghost ini terdapat 2 jenis yang juga cukup populer yaitu :


1. Brown Ghost Knifefish (Apteronotus leptorhynchus)

gambar ikan brown ghost knifefish

Brown ghost knifefish memiliki bentuk tubuh yang sama dengan black ghost knifefish yang membedakannya adalah warnanya yang coklat namun tetap terdapat 2 buah cincin putih dibagian ekornya.

2. White Ghost Knifefish (Apteronotus galvisi)

gambar ikan white ghost knifefish

Karena memiliki warna tubuh yang cenderung putih, maka kerabat ikan black ghost ini dinamakan white ghost knifefish.

Tidak seperti saudaranya yang lain, white ghost knifefish tidak memiliki cincin berwarna putih dibagian ekornya tetapi di beberapa bagian tubuhnya terkadang ditemukan spot berwarna kuning atau coklat, karena itu white ghost knifefish juga dikenal dengan sebutan albino ghost knifefish.

Demikianlah pembahasan kita tentang ikan Black Ghost Knifefish dan kerabatnya, semoga artikel singkat ini bisa membantu anda lebih memahami tentang ikan black ghost sebelum anda memelihara ikan tersebut didalam akuarium.