Fakta Menarik Tentang Anjing

Anjing yang memiliki nama latin Canis lupus familiaris adalah salah satu jenis binatang yang cukup banyak dipelihara oleh manusia sejak jaman dahulu dengan berbagai tujuan seperti sebagai penjaga rumah, sebagai penggembala hewan ternak dan juga sebagai hobi.

Walaupun di Indonesia binatang ini kurang populer sebagai hewan peliharaan karena bagi penduduk Indonesia yang sebagian besar beragama Islam, anjing adalah termasuk binatang yang memiliki najis dan haram untuk dimakan, namun tidak begitu dengan penduduk non muslim.

Bagi kebanyakan mereka, anjing adalah salah satu sahabat keluarga karena itu tidak ada salahnya bila anda mengetahui beberapa fakta menarik tentang anjing yang bisa menjelaskan kenapa anjing menjadi istimewa bagi sebagian orang.

Fakta Menarik Tentang Anjing

  1. Fakta menarik tentang anjing yang pertama adalah mengenai jumlahnya, terdapat lebih dari 400 juta anjing diseluruh dunia.

  2. Terdapat ratusan jenis anjing seperti anjing labrador, anjing gembala Jerman, bulldog, dalmatian, german pinscher, greyhound, beagle dan masih banyak lagi.

  3. Jenis anjing yang paling populer didunia dengan kepemilikan yang terdaftar secara resmi adalah anjing jenis Labrador karena sifatnya yang lembut, setia, cerdas dan memiliki tenaga yang besar. Anjing Labrador menjadi hewan peliharaan keluarga yang sangat baik dan pekerja yang handal. Mereka sering membantu polisi dan merupakan pilihan umum sebagai anjing pemandu.

  4. Anjing melakukan banyak tugas yang berguna bagi manusia seperti berburu, pekerjaan pertanian dan keamanan serta membantu mereka yang cacat seperti buta.

  5. Anjing domestik adalah salah satu jenis anjing yang populer sebagai anjing pekerja dan pendamping hewan lain yang diternak-kan manusia sejak jaman dahulu.

  6. Meskipun para ahli sering tidak setuju, ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa domestikasi anjing bisa terjadi lebih dari 15.000 tahun yang lalu.

  7. Anjing telah membentuk suatu ikatan yang kuat sebagai hewan peliharaan, pekerja dan sahabat bagi manusia karena itu mereka disebagian negara, mereka mendapatkan julukan "teman terbaik manusia".

  8. Manusia membantu melatih berbagi ras anjing untuk masuk dalam berbagai jenis kompetisi seperti kompetisi anjing hias, kompetisi kelincahan dan ketaatan pada perintah majikan, balap anjing dan juga lomba menarik kereta seluncur.

  9. Anjing memiliki pendengaran yang lebih baik dari manusia, anjing mampu mendengar suara dalam jarak 4 kali lebih jauh dari manusia.

  10. Anjing memiliki penciuman yang luar biasa, mereka mampu membedakan bau yang 100 juta kali lebih rendah dari bau yang bisa dicium oleh manusia.

  11. Didunia barat, orang-orang yang terlibat secara serius dalam pembudidayaan anjing biasa mengelompokan anjing dalam beberapa kelompok seperti anjing jantan yang telah dewasa disebut "Dogs", anjing yang berumur kurang dari setahun disebut "Puppies" dan sekelompok anak anjing disebut "Litter".

  12. Usia rata-rata seekor anjing adalah antara 10 hingga 14 tahun.

  13. Aning domestik adalah binatang omnivora, mereka memakan berbagai makanan termasuk biji-bijian sayuran dan daging.
Demikianlah fakta menarik tentang anjing yang bisa sedikit menambah pengetahuan anda seputar binatang, bila anda ingin mengetahui nama-nama binatang selain anjing yang namanya diawali dengan huruf A bisa merujuk pada tulisan saya yang lain yang berjudul nama-nama binatang dari huruf A.