Mengenal Berbagai Jenis Antelop

Antelop adalah binatang herbivora yang tinggal di padang rumput didaerah Asia dan Afrika.

Antelop jantan memiliki tanduk yang panjang melengkung sedangkan sebagian antelop betina tidak memiliki tanduk dan sebagian lain memiliki tanduk yang kecil dan pendek serta lurus.

Terdapat cukup banyak jenis-jenis antelop, diantaranya adalah :

Adaks

Adaks adalah antelop yang paling langka yang hanya terdapat di gurun Sahara. Tanduknya panjang dan berlekuk-lekuk. Tapal kakinya yang lebar membantunya berjalan diatas padang pasir.

gambar antelop

Oryx

Oryx adalah jenis antelop yang mempunyai tanduk panjang yang tajam dan terdapat garis hitam putih dibagian wajahnya. Terdapat 2 jenis oryx yaitu Oryx Arab yang hidup di padang pasir wilayah Arab dan Oryx Scimitar yang hidup di padang pasir Afrika.

Wildebeest atau Gnu

Wildebeest atau Gnu adalah antelop pemakan rumput yang paling banyak ditemui di wilayah Afrika Timur. Mereka biasa bermigrasi untuk mencari padang rumput yang subur dalam jumlah yang besar, dalam satu kawanan wildebeest bisa mencapai jumlah 500.000 ekor.

Springbok

Springbok adalah jenis antelop yang berukuran paling kecil, tinggi springbok dewasa rata-rata hanya 80 cm. Springbok memiliki garis berwarna gelap di bagian samping bawah perutnya dan juga di atas paha belakangnya.

Eland

Eland adalah antelop yang memiliki ukuran tubuh paling besar, tinggi antelop eland dewasa bisa mencapai 1,75 cm.

Klasifikasi Ilmiah Antelop

Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Artiodactyla
Famili Bovidae
Upafamili Antilopinae
Genus Antilope
Status Konservasi Hampir Terancam

Itulah berbagai jenis antelop yang bisa kami sampaikan, semoga informasi tentang dunia binatang ini berguna bagi anda.