Fakta Unik Tentang Berang-Berang

Berang-berang merupakan binatang pengerat dan termasuk dalam keluarga yang sama dengan tupai dan tikus.

Pada umumnya, berang-berang berwarna coklat tua. Mereka memiliki gigi yang besar berwarna kekuningan yang akan terus tumbuh sepanjang hidup mereka.

Berang-berang memiliki ekor yang berbentuk datar yang sekilas terlihat seperti pemukul bola dalam permainan bola ping-pong.

Berang-berang memiliki minyak tubuh yang mereka gunakan untuk melapisi bulu mereka dan membantu mereka agar tetap hangat meskipun berada dalam air yang dingin.

gambar berang-berang

Apakah Nama Latin Berang-Berang?

Nama Latin berang-berang adalah Castor

Dimanakah Tempat Yang Terdapat Berang-Berang?

Sebagian besar berang-berang ditemukan di bagian tengah dan atas Amerika Serikat dan juga di Kanada.

Dimanakah Berang-Berang Hidup?

Berang-berang hidup di pondok-pondok yang mereka bangun didalam air yang terbuat dari ranting dan lumpur yang bentuknya sangat mirip dengan bendungan.

Mereka tinggal dibagian atas yang tidak terkena air dan menyimpan makanan diterowongan bawah air dirumah yang mereka bangun.

Apakah Makanan Berang-Berang?

Sebagian besar berang-berang adalah herbivora, mereka hanya memakan dedaunan dan buah-buahan.

Berang-berang hanya makan ikan apabila mereka menemukan ikan yang telah mati atau ikan yang berada sangat dekat dengan rumah mereka, berang-berang tidak akan secara sengaja mencari ikan untuk dimakan.

Ada Berapa banyak Jenis Berang-Berang Didunia?

Terdapat 2 jenis berang-berang yaitu berang-berang Amerika Utara (Castor canadensis) dan berang-berang Eurasia (Castor fiber).

Klasifikasi Ilmiah Berang-Berang

Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Carnivora
Famili Mustelidae
Subfamili Lutrinae

Fakta Unik Berang-Berang

  1. Berang-berang adalah binatang nokturnal yang mencari makan dimalam hari.
  2. Berang-berang dapat melakukan perjalanan baik di air maupun di darat, namun mereka akan bisa bepergian lebih cepat di air daripada melalui darat karena mereka adalah perenang yang cepat.
  3. Ketika mereka menyelam kedalam air, telinga dan lubang hidung mereka akan menutup secara alami.
  4. Berang-berang mampu menyelam cukup lama didalam air, kebanyakan berang-berang mampu menyelam didalam air hingga 10 menit.
  5. Berang-berang berdiri didarat dengan menggunakan kaki belakang mereka dan juga bertumpu pada ekornya yang lebar.
  6. Pada kaki berang-berang terdapat selaput seperti yang terdapat pada kaki bebek, hal ini membuat mereka mampu berenang dengan cepat.
  7. Berang-berang menebang pohon dengan menggunakan gigi mereka yang besar untuk membuat bendungan sehingga airnya akan lebih dalam disekitar tempat tinggal mereka.
  8. Berang-berang sangat pandai menebang pohon dan mengarahkannya agar ketika pohon itu tumbang, jatuhnya tepat ditempat yang mereka inginkan.

Demikian fakta-fakta menarik tentang berang-berang yang bisa kami sampaikan, semoga informasi tentang binatang ini bisa menambah pengetahuan anda semua.