Fakta Menarik Mengenai Zebu

Zebu adalah binatang ternak yang sangat mirip dengan sapi yang berasal dari wilayah Asia Selatan seperti Afghanistan, Bangladesh, India, Maladewa, Nepal, Pakistan dan Sri Lanka.

Cara paling mudah untuk membedakan antara sapi dan zebu adalah dengan memperhatikan punggungnya. Zebu memiliki punuk seperti unta pada bagian punggungnya, sedangkan sapi tidak.

Selain itu, zebu juga memiliki lipatan kulit dibagian bawah rahangnya dan bentuk telinga mereka menjuntai kebawah, zebu juga memiliki tanduk baik itu zebu jantan maupun betina.

gambar zebu

Apakah Nama Latin Untuk Zebu?

Nama Latin atau nama ilmiah untuk zebu adalah Bos taurus indicus, namun ada juga yang menyebutnya dengan nama Latin Bos indicus dan Bos primigenius indicus.

Dimanakah Tempat Kita Bisa Menemukan Zebu?

Zebu bisa dengan mudah ditemukan di wilayah Asia Selatan seperti Afghanistan, Bangladesh, India, Maladewa, Nepal, Pakistan dan Sri Lanka.

Apakah Yang Menjadi Makanan Zebu?

Zebu merupakan binatang herbivora yang makanan utamanya adalah rumput, bunga dan daun-daunan.

Apa Tujuan Orang Memelihara Zebu?

Zebu diternak-kan untuk diambil susu dan dagingnya, kotoran zebu juga dimanfaatkan sebagai pupuk dan bahan bakar alternatif.

10 Fakta Unik Menarik Seputar Zebu

  1. Dibandingkan dengan hewan ternak lainnya seperti sapi atau kerbau, zebu memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil. Rata-rata berat zebu dewasa adalah 300 - 400 kilogram dengan panjang tubuh antara 70 - 120 cm.
  2. Walaupun berukuran kecil, tetapi zebu mempunyai tubuh yang sangat kuat dan jauh lebih tahan terhadap penyakit dan parasit dibandingkan hewan ternak lainnya.
  3. Tubuh zebu ditutupi oleh bulu pendek dan lebat berwarna putih, abu-abu, merah, coklat atau hitam tergantung spesiesnya.
  4. Sama seperti unta, punuk yang terdapat pada zebu juga berfungsi sebagai tempat menyimpan lemak yang bisa dijadikan sumber energi saat makanan tidak tersedia.
  5. Saat berada dalam bahaya, zebu mampu berlari dengan kecepatan hingga 40 km/jam.
  6. Predator utama zebu dialam liar adalah beruang, kucing liar dan manusia.
  7. Zebu hidup dalam sebuah kelompok besar yang disebut kawanan ternak.
  8. Zebu tidak mempunyai waktu khusus yang diperuntukkan bagi masa perkawinan. Mereka bisa kawin sepanjang tahun, namun yang berhak mengawini zebu betina hanyalah zebu jantan yang menjadi pemimpin kawanan tersebut.
  9. Zebu mengalami kematangan seksual pada usia 1,5 tahun dan masa kehamilan zebu betina antara 277 hingga 290 hari dan zebu betina hanya melahirkan satu bayi zebu saja.
  10. Zebu bisa disilangkan dengan jenis ternak lainnya seperti sapi, kerbau, yak dan banteng. Perkawinan silang ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan binatang ternak dengan ukuran yang besar dan tahan penyakit.

Itulah beberapa fakta menarik tentang zebu yang mungkin anda belum tahu, jangan lupa untuk membaca juga binatang lainnya yang namanya diawali dengan huruf Z seperti zebra atau zorilla.