10 Binatang Terkecil Di Dunia

Tuhan telah menciptakan aneka binatang di dunia ini dalam berbagai jenis dan ukuran mulai dari yang sangat besar hingga yang sangat kecil yang bahkan hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop dan kali ini saya akan membagikan informasi yang berisi nama-nama 10 binatang terkecil didunia yang bisa dilihat tanpa menggunakan mikroskop.

Pygmy Marmoset (Marmoset Kerdil)
1. Pygmy Marmoset (Marmoset Kerdil)

Pygmy Marmoset yang juga dikenal dengan nama Monyet Dwarf (Cebuella pygmaea) adalah jenis monyet terkecil didunia. Binatang ini tinggal di kanopi hutan sebagian wilayah Amerika Latin seperti Brasil, Columbia, Ekuador, Peru dan Bolivia.

Pygmy Marmoset merupakan jenis primata terkecil di dunia dengan panjang tubuh antara 14-16 cm saja dan rata-rata berat pejantan-nya adalah 140 gr dan berat rata-rata betina-nya adalah 120 gr sedangkan anak Pygmy Marmoset yang baru lahir memiliki berat rata-rata hanya 15 gr. Usia rata-rata monyet jenis ini adalah antara 11-16 tahun dan mereka biasanya melahirkan anak kembar.

Lemur Madame Berthe Mouse
2. Lemur Madame Berthe Mouse

Lemur Madame Berthe Mouse (Microcebus berthae) adalah jenis lemur terkecil didunia. Binatang yang hanya ditemukan di Madagaskar ini memiliki panjang tubuh rata-rata 92 mm dan memiliki berat sekitar 30 gr.

Lemur Madame Berthe Mouse ditemukan di taman nasional Kirindy Mitea di Madagaskar Selatan.

Pygmy Rabbit (Kelinci Kerdil)
3. Pygmy Rabbit (Kelinci Kerdil)

Kelinci Pygmy (Brachylagus idahoensis) adalah kelinci terkecil didunia. Binatang yang ditemukan di Amerika Utara ini saat dewasa beratnya hanya mencapai 400 gr dengan panjang tubuh antara 24-29 cm.

Mereka umumnya tinggal di lembah dataran tinggi Amerika Utara yang memiliki semak-semak lebat yang mereka gunakan sebagai tempat berlindung dan juga mencari makanan.

Paedocypris (Paedocypris micromegethes)
4. Ikan Paedocypris

Paedocypris (Paedocypris micromegethes) adalah ikan terkecil didunia yang panjang tubuhnya hanya 7,9 mm dan hanya bisa ditemukan di hutan rawa gambut di pulau Sumatera.

Walaupun kecil, namun mereka adalah salah satu jenis ikan yang dapat bertahan di musim panas yang sangat ekstrim sekalipun tetapi sangat disayangkan bahwa ikan ini saat ini statusnya berada dalam tahap terancam punah.

Gold Frog (Katak Emas)
5. Gold Frog (Katak Emas)

Gold Frog (Psyllophryne Didactyla) adalah jenis katak terkecil di dunia yang hanya bisa ditemukan di wilayah Amerika Selatan, katak yang memiliki nama lain "Katak Brasil" ini saat dewasa hanya memiliki panjang tubuh 9,8 mm saja.

Katak emas Brasil ini tinggal di hutan primer dan juga hutan sekunder, mereka dapat berkembang biak tanpa melalui tahap menjadi kecebong terlebih dahulu seperti katak pada umumnya. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab mengapa jumlah populasi mereka cukup banyak selain kemampuan mereka menyembunyikan diri diantara lebatnya pepohonan hutan.

Slender Blind Snakes (Leptotyphlopidae) adalah ular terkecil di dunia
6. Slender Blind Snakes

Slender Blind Snakes yang memiliki nama lain ular Thread (Leptotyphlopidae) adalah jenis ular terkecil di dunia yang memiliki panjang hanya sekitar 11 cm saja.

Ular Slender Blind ini bisa ditemuka di Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika dan sebagian Asia.

Ular yang makanan utamanya semut, rayap dan pupa ini memiliki 87 jenis dan sebagian besar dari mereka makan dengan cara menghisap cairan tubuh serangga yang menjadi mangsanya kemudian membuang kulitnya.

Kelelawar Bumblebee (Craseonycteris thonglongyai) adalah kelelawar terkecil di dunia
7. Kelelawar Bumblebee

Kelelawar Bumblebee (Craseonycteris thonglongyai) adalah jenis kelelawar terkecil di dunia yang hanya bisa ditemui di Burma dan Thailand.

Panjang tubuhnya berkisar antara 30-40 mm dengan berat tubuh antara 1,5-2 gr. Kelelawar yang mempunyai tubuh seukuran lebah dewasa ini hidup di gua-gua kapur dipinggir sungai dipedalaman Burma dan Thailand.

Mereka biasa berburu serangga sebagai makanan-nya menjelang pagi dihutan-hutan terdekat tempat mereka tinggal. Kelelawar Bumblebee sangat beresiko mendekati kepunahan karena banyak-nya gangguan pada sarang mereka, selain itu betina-nya juga hanya melahirkan satu anak dalam setahun.

Tikus Etruscan (Etruscan Pygmy Shrew) adalah tikus terkecil didunia
8. Tikus Etruscan (Suncus etruscus)

Tikus Etruscan yang juga dikenal dengan nama  Etruscan Pygmy Shrew atau tikus kerdil bergigi putih ini mendiami daerah hutan dan semak belukar dikawasan Asia Selatan dan Eropa Selatan.

Mereka digolongkan sebagai mamalia terkecil dunia karena beratnya hanya berkisar antara 1,2 - 2,7 gr saja.

Tikus yang memiliki umur singkat ini (rata-rata usia mereka hanya 15 bulan saja) memiliki jantung yang berdetak sebanyak 14 kali per detik.

Selain itu jika dibandingkan dengan berat tubuhnya, mereka juga memiliki rasio otak yang terbesar dibandingkan dengan hewan lain bahkan manusia sekalipun.

Bee Hummingbird adalah burung terkecil didunia
9. Bee Hummingbird (Mellisuga helenae)

Bee Hummingbird adalah burung terkecil didunia, selain itu burung yang juga dikenal dengan nama Cuban bee ini adalah hewan vertebrata berdarah panas terkecil didunia.

Burung Kolibri lebah ini memiliki berat rata-rata sekitar 1,8 gr dan panjang rata-rata tubuhnya adalah sekitar 5,7 cm.

Meskipun bertubuh kecil, tetapi Bee Hummingbird setiap hari mampu mengkonsumsi makanan setengah dari berat tubuhnya dan mereka bisa minum hingga delapan kali berat tubuhnya.

Speckled Padloper Tortoise (Homopus signatus) adalah kura-kura terkecil didunia
10. Speckled Padloper Tortoise (Homopus signatus)

Speckled Padloper Tortoise yang bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah kura-kura padloper berbintik merupakan kura-kura terkecil didunia dengan ukuran rata-rata panjang tubuh pejantan-nya adalah 6-8 cm dan rata-rata betina-nya adalah sekitar 10 cm.

Terdapat 2 subspesies dari kura-kura berbintik ini yaitu kura-kura berbintik dari utara yang dikenal dengan nama Namaqualand speckled padloper (Homopus signatus signatus) yang ditemukan di sungai Orange dekat perbatasan Namibia hingga ke sungai Olifant di selatan dan kura-kura berbintik dari selatan yang dikenal dengan nama Southern speckled padloper (Homopus signatus cafer).

Southern speckled padloper ditemukan disebelah selatan sungai Olifants hingga ke Citrusdal di utara dan Cedarberg di selatan. Kura-kura berbintik dari utara berwarna coklat muda dengan bintik hitam sedangkan yang berasal dari selatan tidak selalu berwarna coklat muda tetapi kadang-kadang berwarna oranye kemerahan atau salmon pink.

Speckled Padloper Tortoise (Homopus signatus) adalah spesies herbivora yang memakan daun dan bunga dari banyak spesies tanaman yang berbeda. Untuk subspesies utara telah diidentifikasi setidaknya memakan 11 spesies tanaman yang berbeda, dengan Oxalis sp. dan Leysera tenella menjadi yang paling populer.

Demikianlah info dan gambar binatang-binatang terkecil didunia yang bisa saya sampaikan, semoga sedikit informasi ini bisa menambah pengetahuan kita semua.