Fakta Kelinci Yang Unik Dan Menarik

Fakta Kelinci Yang Unik Dan Menarik
Kelinci merupakan salah satu binatang mamalia herbivora yang hidup secara berkelompok yang dapat ditemukan diberbagai belahan dunia dengan jenis yang berbeda-beda. pada jaman dahulu, kelinci merupakan hewan liar yang hidup disemak-semak didaratan Afrika hingga daratan Eropa.

kata kelinci berasal dari bahasa Belanda "konijntje" yang berarti anak kelinci.

Banyak orang berfikir bahwa memelihara kelinci sangat mudah, kita hanya perlu memasuk-kan mereka kedalam kandang lalu memberi mereka makan dan membersihkan bulu-bulunya bila diperlukan, tetapi hal ini ternyata kurang tepat karena kenyataan-nya sebagian besar kelinci yang dibeli untuk dipelihara dirumah berakhir dengan kematian.

Kenapa hal ini terjadi ?.

Sebelum memutuskan untuk memelihara binatang termasuk kelinci untuk dijadikan binatang hias dirumah, satu hal yang sebaiknya kita lakukan adalah mempelajari mereka terlebih dahulu. cari tahu bagaimana cara memperlakukan mereka dan pelajari bagaimana cara membuat mereka tetap nyaman agar mereka bukan hanya akan menjadi objek kesenangan sesaat saja. Hal inilah yang sering kali tidak dilakukan dan akhirnya membuat kelinci yang dibeli untuk dipelihara hanya berakhir menjadi kematian buat mereka.

Untuk mengenal lebih jauh tentang kelinci, berikut ini adalah fakta-fakta nyata tentang kelinci yang bukan hanya sekedar unik dan menarik saja.
  1. Terdapat 2 jenis kelinci yang merupakan kelinci asli Indonesia yaitu kelinci Jawa (Lepus negricollis) dan kelinci Sumatera (Nesolagus netseherischlgel).

  2. Ciri-ciri kelinci Jawa yaitu bulunya berwarna coklat perunggu kehitaman dengan ekor berwarna jingga dan ujung ekornya berwarna hitam sedangkan kelinci Sumatera berbulu coklat kelabu kekuningan dan bisa ditemui di hutan-hutan di pegunungan Sumatera.

  3. Kelinci adalah hewan yang produktif. Kelinci yang berumur antara 1-3 tahun, dalam setahun mereka bisa melahirkan hingga 5 kali dengan jumlah anak setiap kali melahirkan antara 4-10 ekor.

  4. Kelinci adalah binatang yang memiliki indra penciuman, pendengaran dan penglihatan yang sangat baik. Mereka bahkan memiliki penglihatan yang mendekati 360 derajat sehingga mereka bisa melihat bukan hanya yang ada didepan mereka saja, tetapi mereka mampu melihat segala sesuatu dibelakang mereka. kelinci hanya memiliki sedikit titik kebutaan didepan hidung mereka.

  5. Lebih dari setengah kelinci yang ada didunia berada di wilayah Amerika Utara.

  6. Di Amerika dan Eropa kelinci telah lama dikenal sebagai simbol kesuburan dan kelahiran kembali hal itu bisa anda lihat pada kehadiran berbagai simbol kelinci dalam perayaan musim semi dan hari Paskah.

  7. kelinci merupakan salah satu dari 12 binatang dalam zodiak Cina. Kelinci melambangkan kebaikan, sensitivitas, kasih sayang, kelembutan dan keanggunan.

  8. Kelinci adalah binatang herbivora, mereka hanya memakan rumput, daun-daunan, buah-buahan dan sayur-sayuran.

  9. Usia rata-rata kelinci adalah 10 tahun.

  10. Kelinci adalah hewan yang bertelinga panjang, telinga mereka bisa tumbuh hingga sepanjang 10 cm.

  11. Kelinci memiliki bagian tubuh belakang yang sangat kuat yang memungkinkan mereka untuk melompat dalam jarak yang jauh. Mereka bisa melompati sebuah benda dengan ketinggian hingga 1 meter dan mereka bisa melompati sebuah bidang datar dengan jarak hingga 3 meter.

  12. Kelinci adalah binatang teritorial yang hidup secara berkelompok. Di alam liar, mereka hidup didalam terowongan bawah tanah yang rumit dengan pintu keluar dan masuk yang berbeda.

  13. Kelinci adalah hewan sosial penuh kasih sayang yang menikmati kebersamaan dengan kelinci lainnya dalam satu kelompok.

  14. Saat mereka senang atau gembira, kelinci biasanya akan berjalan, melompat ke udara, memutar tubuh mereka dan mengibaskan kaki mereka.

  15. Kelinci berdiri tegak di atas kaki belakangnya untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih baik untuk melihat predator. Mereka mengingatkan kelinci lain akan kehadiran bahaya dengan memukul-mukul kaki belakang mereka.

  16. Dalam memelihara kelinci harus dilakukan pemberian makanan yang tepat. Serat yang berasal dari rerumputan adalah makanan yang paling penting bagi kesehatan pencernaan kelinci. Tanpa itu mereka bisa mati.

  17. Sayuran dan buah tidak mampu memberikan semua nutrisi yang diperlukan oleh kelinci, jika hanya diberikan makanan berupa buah dan sayuran saja bisa dipastikan bahwa mereka akan kekurangan gizi dan perlahan akan mati.

  18. Saat anda membuat kandang kelinci anda juga harus menyiapkan sebuah bagian tempat mereka dapat bersembunyi karena ruang yang terbuka tanpa perlindungan akan selalu membuat mereka merasa terancam dan ketakutan.

  19. Di alam liar, kelinci adalah binatang yang sangat aktif. Mereka selalu sibuk melakukan berbagai hal seperti mencari makan, menjaga wilayah dan ber-reproduksi untuk menjaga kelangsungan kelompoknya karena itu kelinci yang berasal dari penangkaran sering memiliki masalah perilaku dan kesehatan karena mereka kekurangan stimulasi.

  20. Agar mereka mendapat stimulasi yang cukup, dalam membuat kandang kelinci sebaiknya kita menambahkan aksesoris yang sedikit meniru kebiasaan mereka dialam liar seperti membuat terowongan, batang dan ranting pohon untuk tempat mereka memanjat dan melompat, sedikit mainan dan tempat untuk bersembunyi.

  21. Setelah beberapa hari anda memasukkan kelinci anda kedalam kandang dan stress mereka telah hilang, mulailah melakukan interaksi dengan kelinci baru anda dengan kelinci atau hewan peliharaan anda yang lain seperti anjing atau kucing agar mereka menjadi akrab. Keakraban dengan spesies lain akan membuat anak kelinci berkembang menjadi kelinci dewasa yang ramah dan percaya diri dan mereka juga menjadi santai dan bahagia dengan lingkungan baru mereka.

  22. Tidak banyak orang yang tahu bahwa kelinci juga bisa dilatih sama seperti anjing atau kucing. Cobalah untuk secara perlahan melatih mereka untuk mengikuti perintah anda seperti melompat atau menyuruh mereka berdiri. Hal ini bukan hanya akan membuat kelinci anda menjadi istimewa dan membuat anda bangga tetapi juga sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental mereka.

Setelah anda membaca 22 fakta tentang kelinci diatas anda bisa melihat begitu banyak hal yang unik dan menarik dari kelinci yang bisa anda pelajari dan bila tulisan ini berguna bagi anda, silahkan sebarkan melalui tombol media sosial dibawah ini.