Daftar Binatang Endemik Indonesia Dari Pulau Bali

Pulau Bali yang terkenal dengan sebutan Pulau Dewata karena keindahan alamnya yang luar biasa ternyata juga menyimpan kekayaan alam lainnya yang tak kalah luar biasa yaitu sejumlah binatang endemik yang berasal dari pulau tersebut.

Berikut ini saya akan mengulas apa saja hewan-hewan yang menjadi binatang endemik Indonesia yang berasal dari pulau Bali.

gambar binatang endemik pulau bali

1. Bajing Palawan (Sundasciurus juvencus)

gambar bajing palawan (Sundasciurus juvencus)
Bajing Palawan (Sundasciurus juvencus) adalah binatang endemik dari pulau Bali namun juga ditemukan di hutan dataran rendah di pulau Sumatera dan Piliphina. 

Bajing palawan adalah binatang pengerat dari keluarga Sciuridae yang habitatnya berada di hutan rendah yang kering didaerah beriklim tropis dan subtropis.

Sampai saat ini masih terdapat cukup banyak bajing palawan di pulau Bali namun seiring makin maraknya penjualan hewan untuk di jadikan peliharaan, populasi hewan pengerat ini di alam liar perlahan-lahan semakin berkurang apalagi habitat mereka juga semakin menurun akibat pembukaan lahan pertanian dan pemukiman.

2. Burung Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

Burung jalak bali (Leucopsar rothschildi) adalah salah satu binatang endemik pulau Bali yang terancam dalam kepunahan karena keindahan suara dan juga bulunya yang khas yaitu berwarna putih cerah pada sebagian besar tubuhnya.

Hanya pada ujung sayap dan ujung ekornya saja yang berwarna hitam menjadikan burung ini buruan para kolektor burung berkicau.

Untuk mencegah kepunahan burung jalak bali maka keberadaan hewan yang hanya ditemukan dibagian barat hutan pulau Bali ini dilindungi dengan undang-undang dan pada tahun 1991 telah diresmikan sebagai lambang fauna dari provinsi Bali.

3. Kelelawar Berjenggot Coklat (Taphozous achates)

gambar kelelawar berjenggot coklat (taphozous achates)
Kelelawar berjenggot coklat (Taphozous achates) yang dikenal juga dengan nama "Indonesian Tomb Bat" adalah sejenis kelelawar yang hanya ditemukan di Indonesia yaitu di sekitar Nusa Penida, Bali dan juga kepulauan Kai, Sabu, Rote dan pulau Semau.

Kelelawar berjenggot coklat ditemukan tinggal di gua-gua dalam beberapa kelompok besar.

Binatang nocturnal ini menjadikan serangga kecil seperti jangkrik, belalang dan ngengat sebagai makanan utama mereka namun mereka juga diketahui memakan buah-buahan.

4. Rusa Timor (Cervus timorensis)

gambar rusa timor (Cervus timorensis)

Rusa Timor (Cervus timorensis) yang dikenal juga dengan nama "Javan Deer" adalah binatang dari jenis rusa yang habitat aslinya adalah pulau Jawa, Bali dan Timor, karena itu terkadang rusa timor juga dikenal dengan nama "Rusa Jawa".

Rusa timor terkenal memiliki indera pendengaran yang sangat tajam dan binatang yang penuh kehati-hatian karena itu rusa timor jarang sekali terlihat berada ditempat terbuka.

Mereka lebih senang berdiam di semak-semak yang bertanah kering dan hanya aktif mencari makan pada pagi dan sore hari.

2 Binatang endemik pulau Bali yaitu burung jalak bali dan rusa timor saat ini statusnya telah berada dalam tahap kritis kepunahan, karena itu dibutuhkan kesadaran kita untuk terus melestarikan binatang-binatang yang merupakan binatang endemik Indonesia ini agar tidak punah.