Badak Jawa [Rhinoceros sondaicus]

Badak Jawa yang memiliki nama latin Rhinoceros sondaicus adalah salah satu dari 5 jenis badak yang masih ada diseluruh dunia.

Badak Jawa adalah binatang herbivora yang memakan tunas muda, daun-daunan muda, ranting dan buah yang jatuh dari pohon, mereka rata-rata mengkonsumsi 50 kg makanan setiap hari.

Badak Jawa adalah binatang endemik Indonesia yang memiliki ciri khas khusus yang membedakannya dengan badak jenis lain yaitu badak jawa hanya memiliki satu cula dan kulitnya bermosaik seperti baju baja.

gambar badak jawa bercula satu (rhinoceros sondaicus)

Saat ini diperkirakan hanya terdapat antara 40-50 ekor badak jawa saja yang terdapat di taman nasional Ujung Kulon. Selain terdapat di taman nasional Ujung Kulon, badak jawa juga terdapat di taman nasional Cat Tien, Vietnam namun berdasarkan penelitian terbaru diperkirakan badak jawa yang terdapat di Vietnam telah punah.

Kepunahan badak jawa ini karena adanya perburuan oleh manusia untuk di ambil cula-nya karena cula badak berharga sangat mahal. Harga cula badak per kilogram di pasar gelap internasional adalah sekitar 30.000 US$ (sekitar Rp. 400.000.000,-).

Klasifikasi Ilmiah Badak Jawa

Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Perissodactyla
Famili Rhinocerotidae
Genus Rhinoceros
Spesies R. sondaicus
Nama Ilmiah Rhinoceros sondaicus
Status Konservasi Terancam Punah