Rusa Timor [Cervus timorensis]

Rusa Timor (Cervus timorensis) yang dikenal juga dengan nama "Javan Deer" adalah binatang dari jenis rusa yang habitat aslinya adalah pulau Jawa, Bali dan Timor, karena itu terkadang rusa timor juga dikenal dengan nama "Rusa Jawa".

Selain di tiga tempat tersebut, rusa timor juga terdapat di beberapa daerah lain seperti : Papua, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, Australia dan Selandia Baru, namun ditempat-tempat tersebut rusa timor tidak digolongkan sebagai binatang endemik tetapi di golongkan sebagai binatang pendatang.

Keberadaan mereka ditempat tersebut diduga karena dibawa oleh para pelaut dan nelayan dari Indonesia sebagai bekal mereka didalam perjalanan yang kemudian terlepas atau dilepaskan dan akhirnya berkembang biak ditempat-tempat tersebut.

gambar rusa timor [cervus timorensis]
gambar seekor rusa timor dipinggiran sebuah hutan

Rusa timor terkenal memiliki indera pendengaran yang sangat tajam dan binatang yang penuh kehati-hatian karena itu rusa timor jarang sekali terlihat berada ditempat terbuka.

Saat para rusa merasakan ada bahaya yang mendekat, mereka biasanya akan mengeluarkan suara teriakan yang sangat keras untuk memperingatkan rusa-rusa lainnya tentang adanya bahaya yang mengancam mereka.

Mereka lebih senang berdiam di semak-semak yang kering dan hanya aktif mencari makan pada pagi dan sore hari saja.


Klasifikasi Ilmiah Rusa Timor

Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Artiodactyla
Famili Cervidae
Upafamili Cervinae
Genus Rusa
Spesies R. timorensis
Nama Ilmiah Rusa timorensis
Status Konservasi Terancam

Selain rusa timor, terdapat beberapa binatang endemik dari pulau Bali lainnya yaitu : kelelawar berjenggot coklat, burung jalak bali dan bajing palawan