Kancil Jawa [Tragulus javanicus]

Kancil Jawa atau pelanduk jawa yang memiliki nama latin "Tragulus javanicus" adalah jenis kancil yang memiliki ukuran paling kecil dan hanya terdapat di pulau Jawa saja.

Kancil jawa adalah binatang nokturnal, mereka hanya mencari makan diwaktu malam hari saja seperti kelelawar berjenggot coklat dari pulau Bali. Makanan kancil jawa adalah rumput-rumputan, daun-daun muda, tanaman semak dan juga buah-buahan yang jatuh ke tanah.

Karena ukurannnya yang kecil dengan berat rata-rata antara 1,5 s/d 2 kg saja maka orang barat menyebutnya Javan mouse-deer.

gambar kancil jawa (Tragulus javanicus)

Terkadang orang sulit membedakan antara kancil dengan rusa karena sekilas bentuk tubuh mereka sangat mirip, nah untuk membedakannya yang paling mudah adalah dengan melihat besar tubuh dan warna garis pada bagian bawah tubuhnya.

Kancil memiliki tubuh yang lebih kecil dari pada rusa, kancil juga tidak mempunyai tanduk seperti rusa, selain itu tubuh kancil berwarna kecoklatan dan terdapat garis putih dan coklat kehitaman yang terdapat mulai dari bagian tenggorokan hingga dada dan terdapat garis hitam dibagian tengkuk kancil.

Klasifikasi Ilmiah Kancil Jawa

Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Artiodactyla
Famili Tragulidae
Genus Tragulus
Spesies T. javanicus
Nama Ilmiah Tragulus javanicus
Status Konservasi Tidak Diketahui (kekurangan data