Binatang Diurnal | Pengertian Dan Contoh

Pengertian Binatang Diurnal

Yang dimaksud dengan binatang diurnal adalah binatang yang aktif mencari makanan dan aktivitas lainnya disiang hari dan tidur di malam hari.

Sebagian besar binatang yang memiliki sifat dan perilaku diurnal berasal dari golongan burung, kadal, mamalia dan serangga.

Pada beberapa spesies binatang, mereka merubah sifat dan perilaku mereka dari binatang nokturnal menjadi binatang diurnal berdasarkan perubahan suhu dan cuaca disekitar mereka.

Dengan cara ini, mereka berusaha memaksimalkan efektifitas dan kemampuan mereka mencari makanan pada musim panas yang hangat dan mengurangi kemungkinan tertangkap oleh binatang pemangsa pada musim dingin.

pengertian dan contoh binatang diurnal

Contoh binatang seperti ini adalah lebah Anthidium maculosum yang banyak terdapat di Amerika Serikat dan Meksiko.

Ada pula binatang yang semula merupakan binatang diurnal kemudian merubah sifat dan perilaku mereka kemudian menjadi binatang nokturnal.

Contoh binatang seperti ini adalah berang-berang. Berang-berang yang semula adalah binatang diurnal kemudian berubah menjadi binatang nokturnal karena besarnya tekanan perburuan terhadap mereka oleh manusia.

Contoh binatang lain yang mengalami perubahan sifat dan perilaku adalah kucing dan anjing. Nenek moyang kucing dan anjing yaitu kucing hutan dan serigala adalah binatang nokturnal.

Setelah mengalami proses domestikasi oleh manusia, sifat dan perilaku mereka berubah mengikuti pola hidup manusia yaitu aktif di siang hari dan tidur di malam hari.

Tetapi pada kucing dan anjing liar, perilaku mereka kembali mengikuti perilaku nenek moyang mereka yaitu menjadi binatang nokturnal.

Setelah anda memahami apa yang dimaksud dengan binatang diurnal, sekarang saya akan memberikan beberapa contoh binatang diurnal.

Daftar Contoh 41 Binatang Diurnal

  1. Angsa
  2. Ayam
  3. Babi
  4. Badak
  5. Banteng
  6. Bekantan
  7. Beruang
  8. Bunglon
  9. Burung Cendrawasih
  10. Burung Elang
  11. Capung
  12. Gajah
  13. Gorila
  14. Iguana
  15. Ikan Lumba-Lumba
  16. Ikan Paus
  17. Impala
  18. Jerapah
  19. Kambing
  20. Keledai
  21. Kelinci
  22. Kerbau
  23. Kijang
  24. Komodo
  25. Kuda
  26. Kupu-Kupu
  27. Lalat
  28. Monyet
  29. Penguin
  30. Rangkong
  31. Rusa
  32. Sapi
  33. Siamang
  34. Sigung
  35. Semut
  36. Simpanse
  37. Tapir
  38. Tupai
  39. Unta
  40. Wallabi
  41. Zebra

Terimakasih telah membaca tulisan saya mengenai bintang diurnal dan contohnya, semoga apa yang saya tulis ini bisa menambah wawasan pengetahuan anda.